Saturday, November 10, 2007

Apa Itu Web Master?

Anda Mungkin sudah pernah bahkan mungkin sering mendengar istilah tentang webmaster. Namun apakah anda tau siapakan sebenarnya webmaster? Dan apasajakah yang menjadi pekerjaannya?, bagaimanakah cara menjadi seorang webmaster professional.

Pada dunia Teknologi Informasi(TI), banyak istilah profesi khususnya yang berhubungan dengan web. Beberapa diantaranya adalah web designer, web programmer, web administrator, dan web animator. secara umum web master mencakup semua profesi tersebut.

Kenapa Demikian? karena webmaster adalah sebutan untuk orang yang ahli dalam dunia web sehingga seorang webmaster tidak hanya mendesign halaman web saja, tetapi juga harus dapat membuat sistemnya dan merawat website tersebut hingga tetap ada dan mencegahnya dari kerusakan yang dapat terjadi.


Selene Sol menggambarkannya dengan jelas sekali di situs www.wdvl.com. Bahwa seorang webmaster adalah seseorang yang melakukan hal-hal seperti :
++ Membuat materi atau isi situs web(Content Creation)
++ Mendesain Arsitektur situ web(Architectural Design)
++ Menerapkan Aplikasi Situs Web (Implementation)
++ Membuat Tampilan Situs Web(Visual Design)
++ Mengelola Situs Web(Management)

Secara Garis Besar dapat disimpulkan tugas seorang webmaster bertanggung jawab untuk merencanakan, mengelola, dan memelihara situs web agar tetap dapat berjalan dengan baik. Hal lain yang harus dilakukan yaitu merawat dan mengembangkan sistem atau proggram yang digunakan. Membuat situs web dapat dinikmati pengujung. Menjaganya dari kerusakan dan pelanggaran yang datang dari dalam maupun luar yang dapat disebabkan oleh ulah manusia maupun software. Seorang webmaster juga harus terus blajar, berbagi, dan berkarya demi bangsa dan negaranya.

2 comments:

Blog nya Lala said...

apakah semua orang bisa menjadi webmaster ??

Unknown said...

Thanks u sob infonya, saya ingin sekali jadi webmaster. Kalo boleh tahu ini themes atau template apa ya? Bagus koq...salam kenal dari http://www.doribae.com

Post a Comment